assalamu’alaikum wr.wb

Semoga Cahaya Kemuliaan selalu ada di hati kita semua.amiin.

Sobat Muslim,pernahkah pada saat kita asyik memakai komputer tiba-tiba komputer kita hang?
atau pas lagi Buat Data tiba-tiba komputer kita Hang,atau pas lagi editing dan debugging eh tiba-tiba komputer kita “Hang “…sungguh kejadian yang tidak kita inginkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Maka ana mau share sedikit tentang penyebab kejadian itu :

  1. Mungkin OS komputer yang kita punya terkena VIRUS yg tergolong jahat yang sedang bereaksi Virusnya sehingga memakan Memory berlebihan, sehingga menyebabkan system OS kekurangan memory RAM untuk proses,karena reaksi Virusnya yang sedang  menyebar &  itu yang menyebabkan komputer menjadi “hang”
          solusinya : Hilangkan dulu Virus tersebut,dengan mencoba berbagai anti Virus yang ada.
  2. Mungkin juga OS komputer yang kita Punya Rusak (Corrupt)
          solusinya : Install ulang kembali OS komputer kita atau Repair saja.tetapi ingattt..data penting yang kita simpan di my Document (C ) harus di back up.karena sesudah install ulang semua data yg ada di my document ( C )akan hilang di gantikan dengan data OS yang baru.  
  3. Ada Bad Sector pada Hard Disk ,(Hard disk rusak ) karena di dalam hard disk terdapat semacam piringan mungkin piringan tersebut telah rusak karena termakan Umur atau juga karena Goncangan pada saat komputer On (biasanya pada laptop,jika power On usahakan jangan di bawa dalam keadaan berjalan karena menyebabkan goncangan dan menimbulkan  Bad sector pada Harddisk).
          solusinya : Backup semua data yang bisa di selamatkan dan gantilah Hard Disk yang Baru.jadi UUD neh, (Ujung-ujungnya Duit ) hehe..
  4. Terlalu banyak software yang sedang running tetapi memory RAM kecil.ini sering terjadi ketika kita membuka software applikasi yang cukup memakan memory di tambah pula software yang lain Juga.dan ini juga menyebabkan komputer jadi “Hang”
        Solusi : jika memory RAM kita kecil maka apabila buka applikasi software yg cukup memakan memory sebaiknya bergantian saja,agar tidak terjadi “Hang” jika mau buka secara bersamaan maka sebaiknya kapasitas RAM nya di besarkan dahulu.(ujungnya duit lage.. he.he..)
  5. Kabel atau Memory RAM tidak terkoneksi dengan mother Board dengan baik.
        Solusi : check konector kabel atau PCB RAM agar terkoneksi dengan Mother board dengan baik.
  6. Memory & Mother Board Berdebu.ini juga terkadang menyebabkan komputer kita menjadi “hang”.
         solusinya : Bersihkan yang berdebu dengan kuas lembut atau juga pakai Vacum cleaner agar debu yg nempel dapat tersedot semua dalam keadaan power off .dan jangan sampai kena Air (karena menyebabkan akan di lem Biru …alias minta beli yang baru deh.) hehehe…

 

Semoga bermanfaat dengan artikel ringan ini..

Mohon maaf jika ada kata yang Kurang berkenan & silahkan jika pembaca mau menambahkan tipsnya🙂

 

Bekasi 6 Mei 2010

di saat Hati Resah ..& Gelisah.