Assalamu’alaikum wr.wb

Hello Sobat Muda Muslim,apa kabar semua? semoga Senantiasa dalam lindungan dari Allah SWT. dan selalu di berikan Keberkahan dan Istiqomah di dalam Dien yang Mulia ini.

Berikut ana ada beberapa Tips Aman Berkendara Selama Musim Hujan.semoga bermanfaat bagi saya pribadi dan bagi rekan-rekan sobar Muslim sekalian.
1. Jaga Kondisi Pengendara

     bagi kita yang sering memakai Kendaraan,hendaknya di musim hujan kita menjaga kondisi dengan Fit selalu agar terjaga konsentrasi.jika perlu minumlah Multivitamin dan di dalam Islam itu kita mengenal Habbatussauda.dan di usahakan juga agar jangan mengantuk pada saat berkendara.dan menurut survey hampir 60 % kecelakaan akibat faktor pengemudi,jika sedang ngantuk usahakan istirahat terlebih dahulu satu lagi, janganlah mengendarai sehabis meminum Obat yg menyebabkan kantuk.
2. Hindari Jalan yang tergenang Air melebihi batas Posisi Busi &  Knalpot Kendaraan kita.

   Di musim Hujan biasanya di beberapa tempat yang rawan Banjir hendaknya kita mewaspadai dan memperkirakan jalan yang akan kita lalui dengan feeling kita.karena salah satu efek banjir yg menggenangi Air melebihi batas Posisi Busi & Knalpot Kendaraan adalah bahwa motor kita akan Mogok dan bisa juga menyebabkan turun Mesin karena air Hujan masuk ke dalam mesin.solusinya adalah carilah jalan Alternatif jika kondisi seperti tersebut.
3. Selalu sedia Payung atau Jas Hujan.

     Selalu tersedianya payung pada saat Hujan jika kita sering memakai kendaraan Mobil pada saat jarak parkir menuju ke kantor agar tidak terkena Hujan dan bagi yang berkendaraan sepeda Motor selalu siap Jas Hujan agar tidak terkena Hujan (Usahakan Jas Hujan yang sesuai dengan poster tubuh,sebab jika seperti selembar kain khawatir tersangkut pada Ban motor/Jari-jari  Mesin pada saat berkendara yang dapat mengakibatkan kecelakaan)
4. Perhatikan Rambu-rambu lalu lintas dan lampu signal kendaraan.

     Hendaknya di musim Hujan ini pengendara sebaiknya mencheck kondisi kendaraan kita.baik dari kondisi Rem,Lampu Sen,dan kondisi Ban Kendaraan (karena Musim Hujan biasanya jalan agak Licin).dan yang kedua ialah jaga/patuhi rambu-rambu lalu Lintas yang ada.
5. Perhatikan Jarak Kendaraan

     pada Musim Hujan biasanya jalan agak Licin,maka kita harus hati-hati.apalagi jika sedang mengejar waktu.batasi jarak kendaraan kita dengan kendaraan yang lain.dan biasanya karena hujan batas jarak pandang kita agak tertutup oleh derasnya Hujan yang terkadang terjadi kecelakaan (Menabrak) jika kita kurang mengatur jarak kendaraan.
6. Selalu membawa alat-alat bantu Kendaraan.
    
     Selalu sedia membawa alat-alat kendaraan (kunci inggris,kunci pas dll) jika terjadi hal-hal di luar dugaan.seperti Mogok,dll.

6. Selalu BerDo’a

     Selalu berdo’a kepada Allah SWT (sang Pencipta) jika hendak berkendara dan setelah sampai tujuan.

————————————————————————————————————————-

Alfaqir

‘ Abdul’aziz

Cikarang 16 Januari 2010.