Konvoi bantuan kemanusiaan Viva Palestina yang ke 3 telah tiba di kota pelabuhan Mesir El Arish untuk menuju perbatasan Rafah dan masuk ke Jalur Gaza.

Sebuah kapal Turki yang membawa robongan konvor dari pelabuhan Lattaki, Suriah, telah tiba di Mesir hari Ahad malam, demikian keterangan dari kepala pelabuhan El Arish, Gamal Abdel Maqsoud.

Kapal tersebut membawa 250 kendaraan peserta konvoi yang akan berlabuh di pelabuhan dan munuju Jalur Gaza melalui perbatasan Rafah, demikian laporan kantor berita Mesir MENA.

Lebih lanjut konvoi bantuan internasional tersebut membawa 528 aktivis kemanusiaan dari 17 negara.
5 orang anggota parlemen Turki jugu turut serta dalam konvoi yang dimulai dari Inggris tersebut hari Senin.

Rombongan konvoi berharap dapat memasuki Gaza pada Selasa malam dan akan menetap selama 24 jam untuk menyalurkan bantuan medis dan kemanusiaan kepada pihak yang berwenang di Gaza.

Konvoi kemanusiaan yang berangkat dari London tanggal 6 Desember tersebut sebenarnya dijadwalkan tiba di Gaza pada tanggal 27 Desember, namun sedikit halangan dari pemerintah Mesir memperlambat jalannya konvoi.

Setelah tiba di pelabuhan Aqaba Yordania, pemerintah Mesir menolak dan menuruh kembali melalui Suriah dengan rute yang lebih panjang. Jika melalui Yordania mereka akan memakai jalur ke pelabuhan yang terdekat yakni pelabuhan Nuweiba di Laut Merah. Kairo hanya memberi izin melalui pelabuhan El Arish di Laut Mediterania.

Sejumlah bantuan internasional berduyun duyun ingin masuk ke Gaza. Patut dipertanyakan bagaimana aksi negara-negara Arab yang melihat giatnya aktivis internasional memberikan bantuan, sementara mereka tidak banyak berkasi dan cenderung diam.

[md/ptv]

Selasa, 05-01-2010 | 05:57:24 WIB